Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian, manajerial, dan sosiall terhadap peningkatan kompetensi kepala sekolah SMP di Serdang Bedagai dengan pelatihan sebagai variable moderating. Penelitian penguatan kompetensi ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data SmartPLS. Responden penelitian ini merupakan Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai sebanyak 40 orang. Hasil analisis data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan menunjukkan bahwa, Tidak terdapat pengaruh signifikan kepribadian terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,350 1,68 dan hasil pvalues 0,727 0,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan kepribadian terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0.,8841,65 dan hasil pvalues 0,3770,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan manajerial terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,2951,65 dan hasil pvalues 0,7680,05. Tidak terdapat pengaruh signifikan manajerial terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 0,7821,65 dan hasil pvalues 0,4340,05. Terdapat pengaruh signifikan pelatihan terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 41,2981,65 dan hasil pvalues 0,0000,05. Terdapat pengaruh signifikan sosial terhadap pelatihan. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 51,5081,65 dan hasil pvalues 0,0000,05. Terdapat pengaruh signifikan sosial terhadap peningkatan kompetensi. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-statisik yang didapat yaitu 96,5121,65 dan hasil pvalues 0,0000,05.Kata kunci: Kepribadian, Manajerial, Sosial, Peningkatan Kompetensi
Copyrights © 2023