Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan Papan Pintar (PAPIN) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain pre-experimental design dengan model one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini seluruh peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.Sampel yang diambil semua peserta didik kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang yang berjumlah 26 peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 15.191 dengan (dk) N-1= 26-1 dengan signifikan = 5% (0,05) di dapat t tabel = 2,060. Dikarenakan t hitung (15.191) > t tabel (2,060). Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterim.Artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif peserta didik pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,54 artinya peserta didik mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Dengan kenaikan ketuntasan pretest dan posttest sebesar 32,31%, maka media Papan Pintar (PAPIN) efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III SDN Plamongansari 02 Semarang.
Copyrights © 2023