SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan)
Vol 1 No 1 (2022): SEHRAN

PENINGKATAN SIKAP KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR PADA MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

Fauzi Fadliansyah (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Peningkatan karakter mandiri siswa dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa dalam berkarakter mandiri yaitu model cooperative learning tipe jigsaw dan media neo snake and ladder game. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap peningkatan karakter mandiri siswa. Penelitian yang digunakan yaitu mix method dengan desain concurrent embedded. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri Sukaratu 4 dan SD Negeri Sukaratu 1, Pandeglang Banten. Jenis data penelitian diperoleh dari pretest-posttest, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji t independen sampel t-test, dan uji n gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw efektif terhadap peningkatan karakter mandiri siswa yang ditandai dengan mencapai ketuntasan klasikal, rata-rata peningkatan karakter mandiri model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw game lebih baik dari pada peningkatan karakter mandiri pada kelas dengan menggunakan pembelajaran konvensional

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sehran

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Semua kajian yang ada pada pembelajaran IPS, Sejarah dan PKN. Misalnya bahan ajar, metode, pendekatan, strategi atau media pembelajaran pada proses pembelajaran ...