Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2023): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIMENTAL LEARNING BERBASIS PHET SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA MATERI USAHA DAN ENERGI

Nurul Aini Afida (Universitas Jember)
I Ketut Maharduka (Unknown)
S Subiki (Universitas Jember)
Aprilia Putri Yudiyanti (Universitas Jember)
Muhammad Sahrul Rahmandani (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar fisika dengan pokok bahasan energi dan perubahannya. Desain penelitian ini dengan membandingkan hasil nilai postes dengan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Eksperimental learning berbasis PhET dan kelas kontrol dengan model pembelajaran biasa (konvensional). Populasi dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X-MIPA SMA Argopuro Panti yang berjumlah 60 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (X-MIPA 1) dan kelas kontrol (X-MIPA 2). Hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dan pada uji Independent T-Test didapatkan signifikansi sebesar 0,023 atau kurang dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran eksperimen dengan PhET Simulation memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Argopuro Panti.

Copyrights © 2023