JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Peningkatan Hasil Belajar Sumber Daya Alam Siswa Sekolah Dasar dengan Penggunaan Media Gambar

Muharni Muharni (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Nurmalina Nurmalina (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang: 1) proses pembelajaran dengan penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas III SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar?, 2) hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas III SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar setelah penggunaan media gambar?, dan 3) Pemahaman siswa kelas III SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar dalam pembelajaran sumber daya alam dengan penggunaan media gambar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 002 Kuok Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 12 laki-laki dan 14 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sumber daya alam pada siklus I belum berjalan secara maksimal, sedangkan siklus II telah terlaksana sesuai dengan RPP. Hasil belajar sumber daya alam pada sebelum tindakan hanya 11 atau 42,32% yang tuntas. Siklus I meningkat menjadi 18 orang siswa atau dengan persetase 69,23%. Siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang siswa atau dengan persentase 92,31%. Rata-rata daya serap siswa pada siklus I hanya mencapai 73,46 dengan kategori baik. Sedangkan rata-rata daya serap siswa pada siklus II meningkat menjadi 87,69 dengan kategori amat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...