Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran teman berlatih soal untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 003 Muara Uwai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran teman berlatih soal untuk meningkatkan hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 003 Muara Uwai. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 003 Muara Uwai. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan waktu penelitian dilaksanakan mulai bulan Februari hingga Juni 2021. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang, dengan jumlah laki-laki 18 orang, dan siswa perempuan berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada siklus I masih tergolong cukup dengan rata-rata 69.11. Selanjutnya dari 28 orang siswa hanya 18 orang siswa atau 64.29% yang mencapai ketuntasan secara individual. Hasil belajar siswa pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 78.21, dan dari 28 orang siswa terdapat 26 orang siswa atau 92.86% yang mencapai ketuntasan secara individual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran teman berlatih soal dapat meningkatkan hasil belajar sumber daya alam pada siswa kelas V SDN 003 Muara Uwai.
Copyrights © 2023