Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 1 (2023): Maret 2023

Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar

Amelia, Nurul (Unknown)
Dafit, Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2023

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu siswa tidak mencerminkan kedisiplinan di lingkup sekolah dengan adanya pelanggaran terhadap tata tertib sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa adalah menyusun rencana dan perangkat pembelajaran yang memuat nilai-nilai karakter disiplin, melakukan pendekatan nilai melalui keteladanan serta memberikan bimbingan kepada siswa, membuat peraturan tertulis dan tidak tertulis, melakukan pendekatan klarifikasi nilai melalui punishment dan reward, serta melakukan pembiasaan-pembiasan pada kegiatan rutin harian, kegiatan mingguan, kegiatan spontan dan kegiatan terstruktur siswa. Strategi guru kelas dalam menanamkan karakter disiplin siswa tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berupa adanya adanya kontrol dari kepala sekolah, dukungan dari orang tua siswa, keterlibatan guru, dan adanya kesadaran diri siswa. Sedangkan, faktor penghambat yaitu faktor kesadaran diri siswa, faktor keluarga dan faktor lingkungan. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap strategi guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...