JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 13 No 1 (2023): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Model Project Based Learning Berorientasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Berprestasi Siswa SMA

Gusti Ayu Putu Yanthi Widyantini (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ida Bagus Putu Arnyana (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional, (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional, (3) perbedaan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model Project Based Learning dengan model konvensional. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan racangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Jembatan Budaya School Kabupaten Badung yang terdiri dari 168 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik cluster sampling. Data dalam penelitian ini berupa skor keamampuan berpikir kreatif siswa dan skor motivasi berprestasi yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan motivasi berprestasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini mengungkapkan jika model Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi siswa secara simultan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...