JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 4 No. 1 (2023): Maret | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

Pemanfaatan Mentimeter pada Pelajaran IPA dengan Cooperatif Learning

Sumiasyih Sumiasyih (Universitas Ahmad Dahlan)
Okimustava Okimustava (Universitas Ahmad Dahlan)
Sharfina Sharfina (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keterlaksanaan pembelajaran dan menganalisa kepuasan pembelajaran dengan memanfaatkan mentimeter dengan model cooperative learning metode problem solving pada pelajaran IPA. Hasil penelitian ini memberikan data keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pembelajaran dengan prosntase 100 % dengan kriteria sangat baik. Hasil diskusi kelompok 80% siswa memahami soal dengan tuntas dengan kriteria baik, sehingga pembelajaran dengan model kooperatif learning yang diterapkan dalam diskusi ini, berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi tuas. Hasil angket kepuasan peserta didik terhadap manfaat mentimeter pada model pembelajaran kooperatif learning pada materi tuas menunjukkan rata-rata 85%, menyukai terhadap usefulness, easy to use, easy to learn, satisfaction, artinya tingkat kegunaan, mudah digunakan, mudah dipelajari, kepuasan peserta didik terhadap penggunaan mentimeter dalam model pembelajaran kooperatif learning dengan kriteria sangat tinggi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...