JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 4 No. 1 (2023): Maret | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

Meta Analisis Pengaruh Pembelajaran IPA Berbantu Simulasi PhET Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Ririn Afiani (Universitas Ahmad Dahlan)
Rahmatul Bayyinah (Universitas Ahmad Dahlan)
Dwi Sulisworo (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2023

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini, telah memberikan inovasi dalam media pembelajaran yang semakin beragam, salah satunya adalah PhET yang merupakan media simulasi interaktif pembelajaran IPA dan dapat digunakan sebagai laboratorium virtual. Pembelajaran khususnya dibidang IPA dengan berbantu simulasi PhET telah banyak diterapkan dan diteliti. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk melakukan meta analisis dengan merangkum beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai pengaruh pembelajaran IPA berbantu simulasi PhET terhadap hasil belajar peserta didik. Kumpulan hasil penelitian sebelumnya yang digunakan sebagai sumber data terlebih dahulu harus memenuhi kriteri yang telah ditetapkan dalam penelitian ini. Terdapat 22 jurnal yang memenuhi kriteria dan selanjutnya kumpulan data dari jurnal tersebut dianalsisi dengan uji normalitas, uji paired sample test dan effect size. Dari hasil analisis diperoleh perhitungan effect size sebesar 3,142 dengan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA berbantu simulais PhET memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...