Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 3 No 1 (2023): MARET

PENGEMBANGAN MEDIA E-FLIP POCKET BOOK AUDIOVISUAL (LIPOBO) MATERI SEJARAH PENJAJAHAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wibowo, Andi (Unknown)
Suryana, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan dominan online. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mengembangkan media E-Flip Pocket Book Audiovisual Materi Sejarah Penjajahan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar, (2) Untuk mengetahui kevalidan media E-Flip Pocket Book Audiovisual dalam pembelajaran kelas V, (3) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri Ardirejo 4. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ardirejo 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian menggunakan validasi ahli materi, ahli media dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Flip Pocket Book Audiovisual layak dijadikan media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahlimateri dan ahli media. Kelayakan dapat dibuktikan melalui hasil dari validasi ahli media dengan mendapatkan skor 97%dan validasi ahli materi dengan mendapatkan skor 81.4%, maka dapat dikatakan bahwa media E-Flip Pocket BookAudiovisual ini berkualifikasi valid tanpa adanya revisi. Hasil rata-rata yang diperoleh dari angket minat belajarsebelum menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisual memperoleh skor 62% berkualifikasi “Cukup”, danhitung rata-rata yang diperoleh angket minat belajar sesudah menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisualmemperoleh skor 81% berkualifikasi “Sangat Baik”, oleh karena itu media pembelajaran E-Flip Pocket BookAudiovisual adalah layak dan valid digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan minat belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...