Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan dominan online. Tujuan penelitian ini yakni (1) Untuk mengembangkan media E-Flip Pocket Book Audiovisual Materi Sejarah Penjajahan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar, (2) Untuk mengetahui kevalidan media E-Flip Pocket Book Audiovisual dalam pembelajaran kelas V, (3) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SD Negeri Ardirejo 4. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ardirejo 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian menggunakan validasi ahli materi, ahli media dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media E-Flip Pocket Book Audiovisual layak dijadikan media pembelajaran dengan melakukan revisi berdasarkan saran para ahlimateri dan ahli media. Kelayakan dapat dibuktikan melalui hasil dari validasi ahli media dengan mendapatkan skor 97%dan validasi ahli materi dengan mendapatkan skor 81.4%, maka dapat dikatakan bahwa media E-Flip Pocket BookAudiovisual ini berkualifikasi valid tanpa adanya revisi. Hasil rata-rata yang diperoleh dari angket minat belajarsebelum menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisual memperoleh skor 62% berkualifikasi “Cukup”, danhitung rata-rata yang diperoleh angket minat belajar sesudah menggunakan media E-Flip Pocket Book Audiovisualmemperoleh skor 81% berkualifikasi “Sangat Baik”, oleh karena itu media pembelajaran E-Flip Pocket BookAudiovisual adalah layak dan valid digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan minat belajar siswa
Copyrights © 2023