Jurnal Sains Ekonomi (JSE)


PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN KARTU TELKOMSEL PADA TOKO SIMBOLON PONSEL DI BALIGE KABUPATEN TOBASA

Dian Wahyuni, Cheny Simbolon, (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2022

Abstract

ABSTRAKSIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yaitu periklanan, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen dalam pembelian kartu telkomsel pada toko Simbolon Ponsel di Balige kabupaten TOBASA. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Persamaan analisis linear berganda diperoleh nilai Y = 2,940 + 0,297X1 + 0,237X2 + 0,326X3 + e. Artinya terdapat hubungan yang positif antara variabel periklanan (X1), penjualan pribadi (X2) dan hubungan masyarakat (X3) terhadap keputusan konsumen (Y). Hasil uji simultan nilai Fhitung 12,103 > Ftabel 2,70 dan berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Artinya secara simultan (serempak) periklanan (X1), penjualan pribadi (X2) dan hubungan masyarakat (X3) berpengaruh terhadap keputusan konsumen (Y). Hasil uji parsial periklanan (X1) menghasilkan nilai thitung 2,404 dan signifikan 0,018, penjualan pribadi (X2) menghasilkan nilai thitung 3,021 dan nilai signifikan 0,003 dan hubungan masyarakat (X3) menghasilkan nilai thitung 3,555 dan signifikan 0,001. Nilai signifikan yang dihasilkan masing-masing variabel < 0,05 maka H0 diterima. Artinya secara parsial periklanan (X1), penjualan pribadi (X2) dan hubungan masyarakat (X3) berpengaruh terhadap keputusan konsuemen (Y). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,260. Artinya variabel bebas yang terdiri dari periklanan, penjualan pribadi dan hubungan masyarakat mampu menjelaskan variabel terikat yaitu keputusan konsumen sebesar 26%, sedangkan selebihnya 74% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Periklanan, Penjualan Pribadi, Hubungan Masyarakat, Keputusan Konsumen

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

jse

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Sains Ekonomi (JSE) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen, ilmu ekonomi dan ekonomi ...