INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 1, No 2 (2013): INPAFI

PENERAPAN TEORI MOTIVASI KOMPETENSI MELALUI MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT MATERI LISTRIK DINAMIS

Nila Wahyuni (Unknown)
Pintor Simamora (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan penerapan teori motivasi kompetensi pada materi Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan TA. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang telah dilakukan melalui uji persyaratan tes. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan teori motivasi kompetensi melalui model pembelajaran Teams Games Tournament dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Teams Games Tournament. Hasil pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa, demikian juga bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan melalui model pembelajaran Teams Games Tournament dengan penerapan teori motivasi kompetensi pada materi listrik dinamis.   Kata Kunci : quasi eksperimen, penerapan teori motivasi, Teams Games Tournament

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...