PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 4 (2020): PEDADIDAKTIKA

Penggunaan Media berupa Digital pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar

Annisa Widya Garini (UPI Kampus Tasikmalaya)
Resa Respati (UPI Kampus Tasikmalaya)
Ahmad Mulyadi Prana (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

In this situation, Indonesia which currently does not have many fields that are challenges in life, one of which is the field of education. After the Covid-19 virus entered Indonesia, the government issued a policy to dismiss the entire network so that the covid-19 virus did not spread more widely in Indonesia. In line with this the government announced that learning was carried out remotely or learning from home online. And the learning process is also done online using digital media consisting of learning videos released by the Ministry of Education and Culture and broadcast on one television station. Not only a number of educational applications that participate in supporting distance learning such as the Teacher's Room, Quipper, and others that can be used for this distance learning process of stitching. The purpose of this study is to study the use of digital media in learning during special pandemics for elementary school children. The method used in this research is descriptive analysis method in which researchers analyze a phenomenon and put it in the form of a description. The data collection used by research is to study literature or study documentation by finding information in journals, articles, books, and various other references to support the research. From this paper, there is a lot of information that can be used as a reference for learning elementary school children if conditions occur as they are today. Dalam situasi kondisi Indonesia yang sekarang ini tidak sedikit bidang yang berpengaruh dalam kehidupan salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Pasca virus Covid-19 masuk ke Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan meliburkan seluruh jejang pendidikan agar virus covid-19 tidak menyebar lebih luas lagi di Indonesia. Sejalan dengan hal tersebut pemerintah mengumumkan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan jarak jauh atau belajar dari rumah secara online. Dan proses pembelajaran pun dilakukan secara online menggunakan media digital berupa video pembelajaran yang dikeluarkan kemendikbud dan ditayangkan di salah satu stasiun televisi. Tidak hanya itu beberapa aplikasi edukasi pun turut berpartisipasi dalam mendukung pembelajaran jarak jauh ini seperti Ruang Guru, Quipper, dan lain sebagainya yang dapat dipakai untu proses pembelajaran jarak jah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media digital tersebut dalam pembelajaran pada saat pandemi khususnya untuk anak sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif yang mana peneliti menganalisis suatu fenomena dan dituangkan dalam bentuk deskripsi. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah dengan studi literatur atau studi dokumentasi dengan mencari informasi pada jurnal, artikel, buku, dan berbagai macam referensi lainnya untuk menunjang penelitian tersebut. Dari tulisan ini, banyak informasi yang dapat dijadikan referensi untuk pembelajaran anak sekolah dasar jika terjadi kondisi yang seperti sekarang ini.

Copyrights © 2020