PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 3 (2018): PEDADIDAKTIKA

Pengaruh Kegiatan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD

Istianti Nurhidayah (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Epon Nur'aeni L (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VI sekolah dasar. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman guru tentang kemampuan berpikir kritis dan cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa di sekolah dasar sehingga kemampuan berpikir kritis belum dikembangkan oleh guru dengan menggunakan indikator berpikir kritis. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melaksanakan kegiatan membaca pemahaman untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI sekolah dasar. Rumusan masalah penelitian ini secara umum yaitu bagaimana pengaruh kegiatan membaca pemahaman terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan membaca pemahaman terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental designs tipe one-group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SD Yayasan Islam Kota Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa melalui tes tertulis yang diberikan ketika pretest dan posttest serta daftar checklist  untuk mengamati kemunculan indikator berpikir kritis siswa pada hasil tes tertulis siswa yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD setelah melaksanakan kegiatan membaca pemahaman. Persentase kemampuan berpikir kritis siswa setelah melaksanakan kegiatan membaca pemahaman meningkat dibandingkan sebelum melaksanakan kegiatan membaca pemahaman.  Kata Kunci : Kegiatan, Membaca Pemahaman, Kemampuan Berpikir Kritis

Copyrights © 2018