Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik mind mapping yang belum digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, serta keterampilan menulis ringkasan siswa masih diluar harapan. Oleh karena itu penggunaan teknik mind mapping diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis ringkasan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui gambaran kemampuan siswa menulis ringkasan sebelum menggunakan teknik mind mapping, mengetahui gambaran kemampuan siswa menulis ringkasan sesudah menggunakan teknik mind mapping, mengetahui gambaran cara penggunaan teknik mind mapping untuk meningkatkan keterampilan menulis ringkasan, mengetahui gambaran perbandingan hasil kemampuan siswa menulis ringkasan sebelum dan sesuudah menggunakan teknik mind mapping. Populasi dan sampel penelitian yang adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pre-eksperimental Design tipe One-group Pretest-Posttest Design. Pada tahap pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu teknik tes subjektif berupa lembar penugasan dan pengembangan bahan ajar (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel 2010 dan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan nilai asymp sig sebesar 0,000 0,05 sehingga diterimanya Ha (hipotesis alternatif) dan ditolaknya H0 (hipotesis nol). Berdasarkan hasil analisis data, penggunaan teknik mind mapping berpengaruh pada keterampilan menulis ringkasan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V.
Copyrights © 2019