PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2017): PEDADIDAKTIKA

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Gaya Magnet

Dini Virgiana (UPI Kampus Tasikmalaya)
Ahmad Mulyadiprana (UPI Kampus Tasikmalaya)
Edi Hendri Mulyana (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan dilapangan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Ditemukan hambatan berupa hasil belajar siswa yang rendah pada materi gaya magnet. Mata pelajaran IPA merupakan salah mata pelajaran yang terdapat pada kurikukum pembelajaran sekolah dasar kelas V. Sehingga hasil belajar siswa yang rendah harus diantisipasi dengan pembelajaran yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Maka dari itu perlu dirancang model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang gaya magnet dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri tipe terbimbing. Karena penelitian ini merupakan penelitian berbasis perbaikan pembelajaran, maka metode yang digunakan adalah  metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Tagart yang terdiri dari tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan; observasi; dan refleksi. Subjek penelitan adalah siswa kelas V dan guru SD. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung dengan pihak sekolah dan pengisian lembar observasi oleh observer. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang gaya magnet.Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri tipe terbimbing, hasil belajar.

Copyrights © 2017