Penelitian ini dilatarbelakangi adanya temuan hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa pada materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang. Hambatan belajar tersebut menyebabkan proses pemahaman siswa pada materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang mengalami hambatan. Oleh sebab itu, harus dirancang desain pembelajaran yang bisa mengatasi hambatan belajar tersebut. Desain pembelajaran berbasis permainan tradisional oray-orayan pada materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang, sehingga dapat mengatasi hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami oleh siswa serta dapat dijadikan alat dalam melestarikan kebudayaan daerah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: learning obstacle siswa pada materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang, desain didaktis sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang berbasis permainan tradisional oray-orayan, implementasi desain didaktis sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang berbasisi permainan tradisional oray-orayan, dan respon siswa terhadap desain didaktis sifat-sifat bangun datar persei dan persegi panjang berbasis permainan tradisional oray-orayan.Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif model DDR (Didactical Design Research). Terdiri dari tiga tahap: prospetive analysis, analisis metapedadidaktik, dan analisis restrosfektif. Penelitian ini dilakukan di dua SD Negeri Kabupaten Majalengka yaitu SDN Argalingga I dan SDN Argalingga III. Hasil dari penelitian ini adalah suatu desain pembelajaran berupa bahan ajar dalam bentuk Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikembangkan sebagai desain bahan ajar alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar persegi dan persegi panjang.
Copyrights © 2018