PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2014): Pedadidaktika

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERJUANGAN BANGSA INDONESIA SECARA DIPLOMASI MELALUI TEKNIK SIMULASI DI SEKOLAH DASAR

Mega Rachmawati (UPI Kampus Tasikmalaya)
Aan Kusdiana (UPI Kampus Tasikmalaya)
Sumardi Sumardi (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Untuk meningkatkan pemahaman siswa  dalam pembelajaran perjuangan bangsa Indonesia secara diplomasi di kelas V SDN 2 Cibalong Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya, penulis melakukan Penelitian tindakan kelas dengan menerapkan teknik pembelajaran Simulasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan perubahan yang signifikan terjadi pada siswa setelah dilakukan dua kali tindakan. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65,52. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yakni mencapai 78. Berdasarkan data yang diperoleh peneliti, maka dapat disimpulakan bahwa penggunaan teknik Simulasi dalam pembelajaran perjuangangan bangsa Indonesia secara diplomasi dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Copyrights © 2014