Jurnal Keperawatan
Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Keperawatan: Maret 2022

Resiliensi dan Motivasi Mahasiswa Tahun Pertama Menghadapi Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19

Nia Khusniyati (Poltekkes Kemenkes Riau)
Kurniawati Kurniawati (Poltekkes Kemenkes Riau)
Magdalena magdalena (Poltekkes Kemenkes Riau)
Tesha Hestyana Sari (Universitas Riau)
Yunisman Roni (STIKes Tengku Maharatu)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Resiliensi dan motivasi merupakan suatu kondisi yang muncul pada remaja saat mengikuti kuliah di tahun pertamanya. Remaja yang menjadi mahasiswa tahun pertama di masa pandemi covid-19 dihadapkan dengan proses pembelajaran secara daring yang akan dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan resiliensi dan motivasi dengan prestasi akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandmei Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denagn desain cross sectional yang melibatkan 100 mahasiswa tahun pertama di institusi pendidikan yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data mengguakan kuesioner dan dianalisis dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100 responden yang disurvey sebagian besar memiliki resiliensi (57%) dan motivasi tinggi (54%) dengan prestasi akademik yang sangat memuaskan dan pujian. Terdapat hubungan antara resiliensi dan motivasi terhadap prestasi akademik yang signifikan dengan prestasi akademik (p=0.000). Motivasi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi akademik (B=0.02).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...