Resiliensi dan motivasi merupakan suatu kondisi yang muncul pada remaja saat mengikuti kuliah di tahun pertamanya. Remaja yang menjadi mahasiswa tahun pertama di masa pandemi covid-19 dihadapkan dengan proses pembelajaran secara daring yang akan dapat mempengaruhi prestasi akademik mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan resiliensi dan motivasi dengan prestasi akademik mahasiswa tahun pertama di masa pandmei Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denagn desain cross sectional yang melibatkan 100 mahasiswa tahun pertama di institusi pendidikan yang dipilih dengan tehnik purposive sampling. Pengumpulan data mengguakan kuesioner dan dianalisis dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100 responden yang disurvey sebagian besar memiliki resiliensi (57%) dan motivasi tinggi (54%) dengan prestasi akademik yang sangat memuaskan dan pujian. Terdapat hubungan antara resiliensi dan motivasi terhadap prestasi akademik yang signifikan dengan prestasi akademik (p=0.000). Motivasi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi prestasi akademik (B=0.02).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022