Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp sebagai media belajar daring, motivasi belajar Fiqih dengan menggunakan media sosial WhatsApp dan bagaimana pengaruh media sosial WhatsApp sebagai media belajar daring masa pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar Fiqih kelas VIII di MTs Negeri 1 Bandung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Bandung yang berjumlah 332 orang dengan jumlah sampel 25% dari populasi yaitu 83 orang hasil angket kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Pengumpulan data tentang media sosial WhatsApp sebagai media belajar daring masa pandemi Covid-19 dan motivasi belajar Fiqih dilakukan dengan menggunakan 30 pernyataan dalam bentuk angket, kemudian diolah dengan menggunakan SPSS statistik 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial WhatsApp sebagai media belajar daring di masa pandemi Covid-19 tergolong dalam kategori Setuju (Baik), yang dapat dilihat dari nilai mean 62,07 dengan presentase 56,63% dan motivasi belajar Fiqih tergolong dalam kategori Setuju (Baik), dapat dilihat dari nilai mean 59,36 dan presentase 71,09%. Selanjutnya pengaruh dari media sosial WhatsApp sebagai media belajar daring di masa Pandemi Covid-19 terhadap motivasi belajar Fiqih sebesar 23,6%, sedangkan 76,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023