Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 2 No. 1 (2022): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SDN 89 Palembang

Agnes Devi Anita (Universitas PGRI Palembang)
M. Ferdiansyah (Universitas PGRI Palembang)
Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V di SDN 89 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptifkualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah jawaban tes pembuatan pantun siswa kelas V. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan Vertification/ Kesimpulan. Analisis data diperoleh dari aspek-aspek kemampuan menulis pantun siswa kelas V SDN 89 Palembang yang menunjukkan bahwa (1) 16 siswa yang mendapat kategori baik sekali dengan hasil persentase 48,48%, (2) 6 siswa yang mendapatkan kategori baik dengan hasil persentase 18,18%, (3) 6 siswa yang mendapatkan kategori cukup dengan hasil persentase 18,18%, (4) 5 siswa yang mendapatkan kategori gagal dengan hasil persentase 15, 15%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai siswa dalam menulis pantun yaitu 77 dengan kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...