Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif bentuk geometri dengan menggunakan media alam sekitar pada anak kelompok B PAUD Terpadu Aisyah. Pelaksanaan penelitian dilakukan di PAUD Terpadu Aisyah. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. subjek penelitian anak kelompok B PAUD, objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan kognitif bentuk geometri dengan menggunakan media alam sekitar. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian APKG I dan APKG II dan lembar observasi anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisi data observasi dan analisis data APKG I dan APKG II. Kriteria keberhasilan dalam penelitian yaitu 70 untuk nilai anak dan 80% nilai klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dengan menggunakan media alam sekitar pada materi bentuk geometri diperoleh hasil pada siklus I sebesar 46,15%. Sedangkan rata-rata nilai APKG I pada siklus I yaitu 2,97. Kemudian rata-rata nilai APKG II pada siklus I yaitu 2,96. Pada siklus II kemampuan kognitif anak sebesar 84,61%. Sedangkan rata-rata yaitu 3,24 dan rata-rata nilai APKG II pada siklus II yaitu 3,63. Artinya terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak sebesar 38,46%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media alam sekitar pada materi bentuk geometri dapat meningkatkan kognitif anak.
Copyrights © 2023