JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 3 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Manajemen TK/TP Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalimantan Tengah

Tejawiani, Ida (Unknown)
Sulastini, Rita (Unknown)
Maki, Akhmad (Unknown)
Rus’ansyah, Rus’ansyah (Unknown)
Khalifaturrahmah, Khalifaturrahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam manajemen pengelolaan TK/TPA Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif, yang tidak ada populasi dan sampel, kalaupun digunakan kata sampel maka sampelnya bersifat purposif, sumber data disebut informan (expert informan). untuk memperoleh data yang dibutuhkan peneliti menggunakan beberapa metode, antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah planning, organizing, actutuating dan controlling (POAC). Hasil penelitian menunjukkan , diperoleh deskripsi bahwa Manajemen TK/TPA Al-Qur’an BKPRMI Kalimantan Tengah, yaitu untuk: Perencanaan, Kepala TK dan semua pengurus dengan terlebih dahulu menentukan tujuan pendidikan, visi dan misi, kemudian melakukan perencanaan komponen pendidikan yang terdiri dari kurikulum dan pengajaran, perencanaan tenaga pendidik baru, mengatur penugasanya dan melakukan pelatihan), kesiswaan/kesantrian, (perencanaan santri baru, pencatatan ketatausahaan santri,, bimbingan belajar/ekstrakulikuler dan pencatatan prestasi santri), sarana dan prasarana (pengadaan, penempatan dan pemeliharaan), keuangan dan pembiayaan, (rencana pemasukan, pencatatan dan laporan pertanggung jawaban) serta hubungan masyarakat (pembuatan program pertemuan/pengajian dengan wali santri).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...