JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Etos Kerja Karyawan

Riani, Silva Okta (Unknown)
Putra, Ivan Gumilar Sambas (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) ialah faktor yang sangat berarti untuk memastikan keberhasilan perusahaan, sebab manusia ialah suatu makhluk yang memiliki pikiran, kebutuhan, perasaan,  serta harapan tertentu. Di dalam sebuah perusahaan biasanya terdapat karyawan dengan latar belakang tingkat pendidikan yang berlainan dan pengetahuan yang berlainan, baik yang baru memulai dunia kerja ataupun  yang telah berpengalaman kerja sebelumnya. Tujuan dari riset ini adalah dalam menelusuri pengaruh pengalaman kerja dan tingkat pendidikan pada etos kerja pegawai. Riset ini mempergunakan metode kuantitatif. Pada riset ini populasinya ialah semua pegawai PT. Nikkatsu Elektrik Works yang berjumlah 295 orang. Sampel pada riset ini dihitung dengan mempergunakan persamaan slovin dan hasilnya dengan jumlah 170 responden. Pengumpulan data mempergunakan kuesioner dan terlebih dahulu dilaksanakan uji coba reliabilitas dan validitas, pengujian asumsi klasik yang melingkupi pengujian normalitas, pengujian multikolinearitas, pengujian heterokedastisitas serta dilanjutkan dengan uji linearitas berganda, uji model F, koefisien determinasi dan uji hipotesis (Uji T) dengan bantuan software IBM SPSS. Temuan dari riset memperlihatkan bahwa tingkat pendidikan tidak mempengaruhi signifikan pada etos kerja dan pengalaman kerja mempengaruhi pada etos kerja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...