JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Konsep Adab Menuntut Ilmu Perspektif Ibnu Jama’ah dalam Kitab Tadzkiratus Sami’ Wal Mutakallim Fi Adabil ‘Aalim Wal Muta’allim dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam

Arip, Samsuri (Unknown)
Gani, A. (Unknown)
Amirudin, Amirudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Tujuan utama pendidikan agama Islam adalah mengubah akhlak mulia peserta didik. Maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep adab mengkaji ilmu yang baik dalam perspektif Ibnu Jama'ah dalam kitab tadzkiratus sami' wal mutakallim fi adabil 'aalim wal muta'allim dan relevansinya dengan tujuan pendidikan Islam. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data pustaka, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep adab santri menurut Ibnu Jama’ah dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wa Al-Mutakallim Fi Adab Al-’Alim Wa Almuta’allim masing-masing diklasifikasikan menjadi tiga jenis, diantaranya: adab siswa terhadap dirinya sendiri, adab siswa dalam belajar, dan adab siswa bergaul dengan pendidik. Dari beberapa adab tersebut diketahui bahwa seorang santri dalam menuntut ilmu harus memiliki niat yang ikhlas karena Allah SWT., Zuhud, Wara', Tawadhu', Qana'ah, Selalu sabar, Istiqomah, Muhasabah, Jiwa sosial yang tinggi, Saling menghargai dan menghormati, Kasih sayang, mengatur dan memanfaatkan waktu serta tidak malu/gengsi. Tujuan utama pendidikan agama Islam adalah mengubah akhlak mulia peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara adab menuntut ilmu dalam kitab tadzkirah al-sami' wa al-mutakallim fi adab al-'alim wa almuta'allim dengan tujuan pendidikan Islam memiliki relevansi, dimana selain mempelajari suatu ilmu tetapi mengutamakan adab atau moral sangat penting bagi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...