JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN
Vol. 1 No. 4 (2022): JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN

Komitmen Afektif sebagai Mediasi pada Pengaruh Keadilan Distributif terhadap Kepercayaan kepada Institusi

Gusti Wazni (Universitas Lancang Kuning)
Ririn Handayani (Universitas Lancang Kuning)
Fahmi Oemar (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keadilan Distributif terhadap Kepercayaan Institusi, pengaruh Keadilan Distributif terhadap Komitmen Afektif dan Untuk mengetahui pengaruh Keadilan Distributif terhadap Kepercayaan Institusi melalui Komitmen Afektif Pada Puskesmas Rambah Samo I dan puskesmas Ujung Batu. Waktu Penelitian ini dilaksankan pada bulan September 2021 sampai dengan Desember 2021. Sumber Data Penelitian ini adalah responden Pegawai Puskesmas Rambah Samo I dan puskesmas Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Dengan 79 sampel sebagai responden penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa Semakin efektif keadilan distributif maka cenderung dapat meningkatkan kepercayaan institusi, saat para pegawai merasa mereka telah diperlakukan secara adil dalam alokasi penghargaan (keadilan distributif), tingkat komitmen organisasi akan berkembang antara atasan dengan bawahan yang pada akhirnya menghasilkan hasil yang positif dan semakin tinggi komitmen afektif yang disebabkan oleh semakin efektifnya keadilan distributif, cenderung dapat meningkatkan kepercayaan institusi. Keterbatasan penelitian ini adalah kurang luasnya populasi yang digunakan sehingga disarankan kepada peneliti berikutnya untuk menambah populasi beberapa puskesmas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

The journal will focus on research and theory in all topics associated with organizational studies within and across the individual, group, and organizational levels of analysis, including: At the individual level, such as personality, perception, beliefs, attitudes, values, motivation, career ...