Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan kewirausahaan dan pemasaran digital berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Desa. Penelitian ini menggunakan pendekatan SEM-Partial Least Square (PLS). PLS adalah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode resampling Bootstrap dengan minimum banyaknya bootstrap sebanyak 217 pada sampel asli. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Pelatihan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Ekonomi dimana hal tersebut membuktikan hipotesis diterima. Artinya semakin baik Pelatihan Kewirausahaan yang ditunjukkan kepada pelaku usaha UKM maka akan meningkatkan Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha. Pemasaran Digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap Peningkatan Ekonomi dimana hal tersebut membuktikan hipotesis diterima. Tentunya dari temuan ini menunjukkan bagaimana pemasaran Digital dapat mempengaruhi Peningkatan Ekonomi sehingga diharapkan Pelaku usaha mampu membangun pemasaran Digital mereka agar Peningkatan Ekonomi Pelaku Usaha dapat ditingkatkan.
Copyrights © 2023