HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2023): Histogram

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY (AR) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Triayuningsih Permata Suci (SMK Budi Utomo Kepanjen)
Anies Fuady (Universitas Islam Malang)
Surya Sari Faradiba (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas augmented reality terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada materi bangun ruang. Jenis penelitian adalah penelitian semu dengan subjek penelitian kelas X Tata Busanasejumlah 18 siswa  dan X Tata Boga sejumlah 18 siswa  di SMK Budi Utomo Kepanjen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian pre test post test, angket respon dan wawancara.  Rata – rata gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,80 dan 0,41. Sehingga media augmented reality terbukti 80% efektif untuk menumbuhkan kemampuan kreatif  matematis siswa. Nilai pre test dan post test pada kelas eksperimen yang menggunakan agumented reality lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Keaktifan siswa pada proses pembelajaran yang menggunakan augmented reality lebih baik. This study aims to determine the effectiveness of augmented reality on the ability to think creatively and mathematically in geometric material. This type of research is quasi-research with 18 students in class X Fashion Design and 18 students in X Catering at SMK Budi Utomo Kepanjen. The data collection techniques were pre-test, post-test, response questionnaires, and interviews. The average gain of the experimental class and control class is 0.80 and 0.41. So that augmented reality media is proven to be 80% effective for growing students' mathematical creative abilities. The pre-test and post-test values in the experimental class that used augmented reality were higher than in the control class. Student activeness in the learning process using augmented reality is better.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

histogram

Publisher

Subject

Education

Description

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Maret dan September dengan proses peer-review dan open access. Memiliki p-ISSN: 2549-6700 dan e-ISSN:2549-6719 , diterbitkan oleh Program Studi pendidikan matematika STKIP Andi Mattappa Pangkep. HISTOGRAM Berisi ...