Dari hasil yang diperoleh bahwa terjadi peningkatan Kualitas Pelayanan Administrasi Sekolah Melalui Pendekatan Kelompok Kerja Guru Pada Sekolah Dasar Negeri 31 Nanga Tayap. Hal ini didasarkan pada penelitian yang telah dilakukan pada siklus pertama dan siklus ke dua. Pada awal pelaksanaan tindakan siklus 1 belum sesuai dengan rencana masih terdapat beberapa kekurangan siklus I ini, terdapat temuan-temuan sebagai berikut: Kemampuan memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru sekolah secara individu dalam memahami manajemen sekolah masih lemah (80%) karena motivasi sekolah masih rendah. Sekolah belum menunjukkan perkembangan kemampuan memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru.Secara umum baru 20%, kemampuan sekolah memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru, dan kemampuan guru belum berkembang dan belum menunjukkan peningkatan yang berarti, baik secara kelompok maupun individu. Dari hasil analisis data tentang tingkat kemampuan memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru sekolah pada siklus II mengalami peningkatan. Semua guru telah menunjukkan perkembangan kemampuan memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru dan sudah ada yang memperoleh nilai sangat baik (maksimal) terutama pada aspek komunikasi, kerja sama dan percaya diri. Aspek empati sekolah semuanya telah muncul, semua sekolah sudah mempunyai rasa kebersamaan, menghargai orang lain, mau berbagi dan menerima masukan dari teman. Secara umum, sudah 85%, kemampuan sekolah memahami manajemen sekolah melalui Kelompok Kerja Guru telah berkembang dan sudah menunjukkan peningkatan yang berarti, baik secara kelompok maupun individu.
Copyrights © 2023