Pentingnya meningkatkan profil berkebinekaan global menjadi latar belakang penelitian ini. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat menjadi tugas utama guru dalam pembelajaran agar dapat mengundang semua peserta didik untuk terlibat aktif dalam aktivitas pembelajarannya.Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana pembelajaran diferensiasi berbasis kearifan lokal pada materi statistika dan 2) mengetahui seberapa besar peningkatan profil berkebinekaan global dan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran diferensiasi berbasis kearifan lokal. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kombinasi(mixed method) tipe concurrent embedded design dengan model penelitian kuantitatif adalah Pre-Experimental dan desain One Group Pretest-Posttest. Untuk penelitian kualitatif menggunakan model deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XII IPA SMAN 9 Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket penilaian diri dengan skala Likert untuk mengukur profil berkebinekaan dan tes hasil belajar berupa pre-test dan posttest. Hasil angket penilaian diri dianalisis menggunakan rumus persentase skor jawaban dan diinterpretasikan sesuai dengan kriteria penafsiran angket. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Paired Sample t-test, namun sebelumnya dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kilmogorov-Smirnov. Hasil analisis data penelitian diperoleh bahwa profil berkebinekaan global peserta didik mengalami peningkatan sebesar 26,94% dengan kriteria hampir setengah peserta didik mengalami peningkatan dan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan 23,41% dengan N-gain sebesar 0,64 kategori sedang. Dilihat dari hasil uji Paired Simple T-Test diketahui bahwa signifikansi 0,000 < 0,005 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada materi statistika setelah diberikan perlakuan dengan pembelajaran diferensiasi berbasis kearifan lokal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran diferensiasi berbasis kearifan lokal meningkat berkebinekaan global dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023