Journal EVALUASI
Vol 7, No 1 (2023): EVALUASI- Edisi Maret

IMPLEMENTASI METODE FAMI BISYAUQIN DALAM MEMELIHARA HAFALAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUMBERREJO BOJONEGORO

Hamidatun Nihayah (UNUGIRI Bojonegoro)
Usman Roin (UNUGIRI Bojonegoro)
Malihatul Masnu'ah (UNUGIRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya santri yang lalai dalam me-murojaah hafalan. Sehingga ayat-ayat yang sudah dihafal terlupakan. Mereka beranggapan mengejar setoran agar mencapai target khatam menjadi tujuan utama, namun sejatinya dalam menghafal Al-Qur’an bukan sekedar menghafal dan khatam melainkan juga memeliharanya dalam setiap sela sela kehidupan. Pondok Pesantren Darussalam Sumberrejo Bojonegoro merupakan salah satu lembaga Tahfidzul Qur'an yang mampu mencetak generasi penghafal Al-Qur’an dengan cepat sekaligus mampu menumbuhkan pentingnya murojaah dalam sela sela kehidupan melalui penerapan metode fami bisyauqin. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan alasan Pondok Pesantren Darussalam menerapkan metode fami bisyauqin, implementasi metode fami bisyauqin, serta faktor pendukung dan penghambat metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Sumberrejo Bojonegoro. Jenis peneitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Menurut Pondok Pesantren Darussalam, metode fami bisyauqin merupakan metode yang paling efektif dalam memelihara hafalan Al-Qur’an. Metode ini mampu membantu santri membiasakan lisan terampil membaca Al-Qur’an (2) Penerapan metode fami bisyauqin dalam memelihara hafalan Al-Qur’an dilakukan melalui pembiasaan muroqobahan, dzikrul qur’an, dan qiroatul qur’an fil sholah. (3) Faktor pendukung penerapan metode fami bisyauqin meliputi program wisuda tasmi’, lingkungan yang bernuansa Qur’ani, memiliki target murojaah hafalan, pembiasaaan Sholat Hajat, adanya takziran, rihlah, dan motivasi ustadzah pembimbing dan orang tua. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan kesunggulan, malas, merasa jenuh dan mengantuk, serta kesehatan fisik yang buruk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

evaluasi

Publisher

Subject

Education

Description

EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. ...