JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengembangan Media Hampers Asean pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 6 SD Supriyadi Semarang

Muhammad Kainul Hadad (PPG Pra Jabatan UPGRIS/Universitas PGRI Semarang)
Kartinah Kartinah (PGSD UPGRIS/Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (PGSD UPGRIS/Universitas PGRI Semarang)
Aini Istikomah (SD Supriyadi Semarang)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

Salah satu hambatan dalam pembelajaran di tingkat sekolah dasar adalah terbatasnya media pembelajaran, yang berdampak pada kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media alternatif bernama "hampers ASEAN" yang dapat digunakan oleh siswa kelas 6. Selain itu, penelitian ini juga akan mengevaluasi kelayakan penggunaan media tersebut dalam pembelajaran dan menyajikan hasil uji coba terbatas terhadap media tersebut. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan Research and Development. Untuk mengumpulkan data, digunakan teknik angket, wawancara, dan lembar dokumentasi, yang termasuk dalam teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran yang disebut hampers ASEAN, yang berisi materi tentang negara-negara ASEAN. Berdasarkan uji kelayakan yang dilakukan, media tersebut mendapatkan skor sebesar 90% untuk kelayakan penggunaan dan 94% untuk kelayakan materi, sehingga dikategorikan sangat layak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...