JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Substitusi Ubi Jalar Ungu terhadap Kualitas Bolu Kemojo

Rabiatul Adawiyah (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Padang)
Elida Elida (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Padang)
Lucy Fridayati (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Padang)
Dikki Zulfikar (Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh substitusi ubi jalar ungu pada bolu kemojo sebanyak 25%, 50% dan 75% terhadap kualitas bentuk, warna, aroma, tekstur dan rasa. Jenis penelitian ini yaitu true ekperiment (eksperimen murni). Data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. . Instrumen dalam penelitian ini adalah uji organoleptik terhadap produk yang dihasilkan dilengkapi dengan kode sampel. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian (ANAVA), Karena F hitung > F tabel maka dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari substitusi ubi jalar ungu terhadap kualitas warna (ungu bagian dalam dan coklat bagian luar), rasa (ubi jalar ungu), karena F hitung > F tabel. Sedangkan kualitas bentuk (bunga kemboja), bentuk (kerapian), aroma (ubi jalar ungu), tekstur bagian luar (kering), tekstur bagian dalam (lembut, padat, lembap) dan rasa (manis) pada bolu kemojo tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan karena F hitung < F tabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...