Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 8, No 1 (2023): Maret

PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERDASARKAN EFIKASI DIRI PADA SISWA MTs KELAS VII

Farlia Mutiara (Universitas PGRI Palembang)
Nila Kesumawati (Universitas PGRI Palembang)
Marhamah Marhamah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, Matematika adalah cara yang bagus untuk memperkuat kemampuan analitis. Namun, banyak anak yang menghindari pelajaran matematika mereka merasa pelajaran matematika itu susah sehingga menyebabkan mereka kekurangan kemampuan berpikir kritis. Para peneliti ingin melihat apakah ada perubahan kepercayaan siswa dalam keterampilan berpikir kritis mereka setelah menggunakan pendekatan berbasis masalah. Semua siswa kelas tujuh MTs Al-Ikhsan Betung berpartisipasi dalam penelitian ini, yang menggunakan metode kuasi-eksperimental. Sebuah post-test only control group design diterapkan untuk analisis ini. Dengan teknik Cluster random diperoleh kelas VII.1 dan VII.2 sebagai sampel. Penilaian dan survei digunakan masing-masing untuk mengevaluasi keterampilan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis varians dua arah. Berdasarkan data tersebut, ada tiga kesimpulan: 1) model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan tersebut; 2) terdapat perbedaan kemampuan tersebut berdasarkan efikasi diri (tinggi, sedang, dan rendah); dan 3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan efikasi diri terhadap kemampuan tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...