Secara umum pembelajaran matematika bersifat monoton, akibatnya proses mengajar berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif belajar matematika. Maka, diperlukan pendekatan matematika yaitu pendekatan Open-Ended. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Labura melalui Pendekatan Open-Ended. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adakah siswa kelas VIII –A SMP Negeri 2 Labura berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini yaitu melalui hasil tes soal Open-ended dan hasil wawancara dengan sintak open-ended yang dilakukan terhadap masing-masing kelompok TBK materi SPLDV bahwa siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Labura hanya mampu untuk berpikir kritis pada tingkat dua (TBK 2). Sehingga siswa kelas VIII-A dapat menguasai dua atau tiga indikator saja yaitu 1) mampu menguraikan pokok-pokok permasalahan dan menjelaskan fakta yang ada, 2) mampu memilih formula atau metode dan 3) mampu menyelesaikan soal sesuai ide yang direncanakan. Ini menunjukkan siswa belum seutuhnya untuk mengembangkan kemampuan bepikir kritis dalam menyelesaikan soal open-ended materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).
Copyrights © 2023