Journal of Education Action Research
Vol 7 No 1 (2023): February 2023

Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar PPKn melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament

I Nyoman Sudiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran konvensional menyebabkan rasa bosan pada siswa yang berpengaruh terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn melalui metode pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 2 siklus.  dengan subyek penelitian siswa yang berjumlah 35 orang siswa. Data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dikumpukan dengan teknik observasi instrument. Sedangkan hasil belajar siswa diambil pada setiap akhir siklus yang diberikan dengan teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes akhir. Untuk aktivitas belajar siswa dianalisis dengan Lembar observasi, instrumen ini dirancang peneliti berkolaborasi dengan guru mitra. Dan hasil tes akhir dianalisis menggunakan statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan d bahwa penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar PPKN pada materi pokok Kasus-kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia dalam perspektif Pancasila siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...