Pedagogik: Jurnal Pendidikan
Vol. 18 No. 1 (2023): Pedagogik: Jurnal Pendidikan

Analisis Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Bergaya Kognitif Impulsif Dalam Memecahkan Masalah Matematika: Critical Thinking Analysis Of Elementary School Teacher Education Students With Impulsive Cognitive Style In Solving Mathematical Problems

Nurun Ni'mah (Universitas Muhammadiyah Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis mahasiswa PGSD bergaya kognitif impulsif. Data dideskripsikan berdasarkan kriteria berpikir kritis klarifikasi, penilaian, penarikan kesimpulan dan strategi. Subjek penelitian adalah dua mahasiswa PGSD bergaya kognitif impulsif dipilih berdasarkan hasil MFFT (Matching Familiar Figure Test). Instrumen pendukung yang digunakan adalah tes MFFT, tes pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berpikir kritis mahasiswa bergaya kognitif impulsif dalam klarifikasi mampu memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan, mampu menilai konsep yang digunakan, belum mampu menampilkan hubungan antar informasi yang sesuai, dan belum mampu menggunakan konsep untuk pemecahan masalah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Pedagogik: Jurnal Pendidikan certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 5 articles consisting ...