Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana suatu pendekatan manajemen yang dilakukan pada saat implementasi supervisi akademik kepala madrasah pada MTSN 4 Tabalong. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yang pertama adalah dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dan tim supervisor di MTSN 4 Tabalong menggunakan pendekatan langsung dan teknik individu dengan langkah-langkah yaitu pra observasi, pelaksanaan observasi/kunjungan kelas, evaluasi dan tindak lanjut, serta laporan pelaksanaan supervisi akademik serta factor-faktor internal dan faktor eksternal yang meliputi kompetensi guru dalam hal kemampuan paedagogik berdasarkan pendekatan prinsip-prinsip manajemen, kemampuan kepala madrasah dalam menciptakan pola hubungan yang baik dengan seluruh komponen sekolah, faktor penghambat internal yakni banyak guru yang tidak bersedia sebagai tenaga tim supervisor dan faktor eksternal yang meliputi adanya sarana penunjang yang kurang terpenuhi, serta kurangnya waktu dalam pelaksanaan supervisi akademik. Kesimpulan menyatakan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala MTSN 4 Tabalong berdampak positif kepada semua guru terutama dalam penguasaan kompetensi pedagogik.
Copyrights © 2023