Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, 2) mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar, dan 3) mengetahui pengaruh kontinuitas belajar dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel adalah proporsionate random sampling. Jumlah sampel sebanyak 147 responden. Teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesar Y = 15,928 + 0,274X1 + 0,322X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya kontinuitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dan fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kontinuitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa, (2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (3) kontinuitas belajar dan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kontinuitas belajar siswa serta didukung dengan fasilitas yang baik, maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2019