Journal on Education
Vol 4 No 4 (2022): Journal on Education: Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022

Realitas Nasionalisme Pada Lembaga Pendidikan Islam

Suci Mahabbati (IAIN Kerinci)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Nasionalisme, Islam dan pendidikan merupakan tiga konsep yang berjalan sinkron. Ia menjadi nilai luhur yang sejatinya harus ditanamkan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran di lembaga pendidikan Islam. Secara historis, genealogi lembaga pendidikan di Indonesia lahir dari pondok pesantren klasik yang kemudian berkembang menyesuaikan dengan tuntun dinamika pendidikan. Nilai-nilai keislaman menjadi dasar utama yang tidak bisa dipisahkan dalam konteks pendidikan yang diajarkan di lembaga pendidikan yang berasaskan Islam di Indonesia. Prinsip-prinsip dasar keislaman mengajarkan filosofi pendidikan secara holistik, karena Islam dalam konteks pendidikan tidak bisa dipandang secara parsial dari satu perspektif keilmuan saja, terlebih lagi mendikotomikan keilmuan. Dalam konteks ini, nilai pendidikan nasionalisme menjadi sesuatu yang harus ditanamkan kepada peserta didik di lembaga pendidikan Islam yaitu SDIT Amanah Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Islam, problematikanasionalisme dan pendidikan berjalan sinkron dalam nilai-nilai yang positif. Diskursus tentang ini menjadi perdebatan yang dinamis di kalangan pakar pendidikan. Apakah konsep-konsep pembelajaran dan proses pembelajaran yang ditawarkan di lembaga-lembaga pendidikan Islam tersebut telah memberikan pendidikan nasionalisme kepada peserta didiknya. Seyogyanya lembaga-lembaga pendidikan menjadi tempat pendidikan dan pembentukan jiwa serta semangat bagi generasi muda, untuk menanamkan semangat nasionalisme. Hal ini menarik untuk dikaji mengingat diskursus mengenai nasionalisme, Islam dalam pendidikan yang hingga kini masih terus dinamis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...