Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), April 2023

PENGARUH KESADARAN LINGKUNGAN DAN IKLAN HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HIJAU

Hasanah, Ana (Unknown)
Hindrayani, Aniek (Unknown)
Noviani, Leny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Kondisi bumi yang semakin mengkhawatirkan menuntut manusia untuk sadar terhadap kerusakan lingkungan yang salah satu upayanya adalah dengan membeli produk hijau. Penelitian ini akan menguji pengaruh kesadaran lingkungan dan iklan hijau terhadap keputusan pembelian air mineral kemasan berekolabel. Populasi penelitian berjumlah 679 yang merupakan mahasiswa Pendidikan Ekonomi dari universitas negeri di Jawa Tengah. Diperoleh sampel berdasarkan rumus Slovin 252 mahasiswa. Penelitian menggunakan teori keputusan pembelian konsumen. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji intrumen penelitian berbantuan SPSS 25 yang dilanjutkan empat uji prasyarat analisis. Regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis pengaruh lebih dari dua variabel indpenden. Diperoleh hasil bahwa kesadaran lingkungan (0,000) dan iklan hijau (0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian air mineral kemasan berekolabel denga besarnya pengaruh adalah 48%. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya kesadaran lingkungan dan iklan hijau untuk mendorong mahasiswa membuat keputusan membeli produk hijau.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah bidang ilmu ekonomi termasuk diantaranya ekonomi makro, ekonomi mikro, ekonomi pembangunan, moneter dan perbankan, ekonomi regional, perencanaan pembangunan, ekonomi publik, keuangan negara/daerah/desa, ekonomi internasional, ...