Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 6, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS II

Nina Indriani (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Siti Rodliyah Eka Agustina (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Achmad Haqqul Yaqin (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Puput Restyanggi S (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa madrasah ibtidaiyah kelas II melalui implementasi media pembelajaran flashcard. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Data yang dihimpun yaitu data hasil belajar materi bangun datar dan data observasi guru serta siswa melalui instrumen tes, observasi siswa dan guru, serta dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A MINU Wedoro berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar melalui implementasi media flashcard. Nilai ratarata siswa saat pra siklus sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 41%. Siklus I rata-rata nilai siswa menjadi 72 dengan persentase ketuntasan mencapai 65%. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa menjadi 85 dan persentase ketuntasan mencapai 93%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...