Penelitian ini bertujuan untuk melihat persentase masalah-masalah yang dialami siswa dalam belajar sebelum dengan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 05 Dayun dan untuk melihat pengaruh positif layanan bimbingan klasikal terhadap pengurangan masalah-masalah siswa dalam belajar di SMP Negeri 5 Dayun. Metode ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode eksperimen. Dengan tipe penelitian one group pretest-posttest design. Tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal),. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Dayun. Tenik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana didapatkan sampelnya sebanyak 37 siswa. Instrumen menggunakan angket masalah-masalah siswa dalam belajar yang mana pengumpulan data disebar pada bulan agustus 2022. Hasil penelitian menunjukan Persentase masalah-masalah yang dialami siswa dalam belajar sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal secara keseluruhan siswa memiliki persentase lebih banyak, dan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal maka adanya pengurangan persentase siswa yang mengalami masalah-masalah dalam belajar
Copyrights © 2023