Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Pengurangan Masalah Siswa Dalam Belajar di SMP Negeri 5 Dayun

Ayu Lestari (Universitas Riau)
Elni Yakub (Universitas Riau)
Khairiyah Khadijah (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat persentase masalah-masalah yang dialami siswa dalam belajar sebelum dengan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 05 Dayun dan untuk melihat pengaruh positif layanan bimbingan klasikal terhadap pengurangan masalah-masalah siswa dalam belajar di SMP Negeri 5 Dayun. Metode ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode eksperimen. Dengan tipe penelitian one group pretest-posttest design. Tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal),. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Dayun. Tenik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mana didapatkan sampelnya sebanyak 37 siswa. Instrumen menggunakan angket masalah-masalah siswa dalam belajar yang mana pengumpulan data disebar pada bulan agustus 2022. Hasil penelitian menunjukan Persentase masalah-masalah yang dialami siswa dalam belajar sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal secara keseluruhan siswa memiliki persentase lebih banyak, dan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal maka adanya pengurangan persentase siswa yang mengalami masalah-masalah dalam belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...