Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 6 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling: Special Issue (General)

Pengembangan Supervisi Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Sekolah

Iskandar Zulkarnain (Universitas Islam An Nur Lampung)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pengembangan supervisi pendidikan merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu sekolah di Indonesia. Namun, terdapat kendala dalam pengembangan supervisi pendidikan di Indonesia, seperti kurangnya pemahaman tentang supervisi pendidikan, kurangnya dukungan dari pemerintah, dan kurangnya kesempatan untuk mengikuti pelatihan dan pengembangan profesi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut, seperti meningkatkan kesadaran akan pentingnya supervisi pendidikan, meningkatkan dukungan dari pemerintah, serta memberikan pelatihan dan pengembangan keprofesian bagi guru dan kepala sekolah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan supervisi pendidikan dapat meningkatkan kinerja guru, hasil belajar siswa, kualitas manajemen sekolah, partisipasi dan motivasi siswa, akreditasi sekolah, dan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang dapat digunakan untuk menguji efektivitas supervisi pendidikan adalah studi kasus, survei, observasi, wawancara, dan eksperimen.Dalam meningkatkan efektifitas supervisi pendidikan di Indonesia diperlukan peran aktif dari semua pihak seperti guru, kepala sekolah, pemerintah dan masyarakat. Dengan meningkatkan efektifitas supervisi pendidikan diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...