Membina siswa menjadi pribadi yang shalih adalah tujuan mulia dari pendidikan islam. Disamping keshalehan individu secara ritual, keshalehan sosial amat penting sebagai manifestasinya. Dalam membina keshalehan/kepedulian sosial, perlu formula baru agar hasilnya dapat maksimal dan manfaatnya dirasakan bagi peserta didik. Formula baru pendidikan tersebut adalah harmonisasi filantropi islam dengan pendidikan di sekolah sebagai basisnya. Sehingga, menambah spirit baru/angin segar dalam pembinaan siswa pada ranah keshalehan sosial. Sebab, realisasi dari keshalehan sosial dalam bentuk yang konkret. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi program-program pendidikan lembaga filantropi islam berbasis sekolah dalam membina keshalehan sosial di SMK Muhammadiyah Pakem, serta (2) eksistensi lembaga filantropi islam di sekolah itu sendiri dalam memberi manfaat yang lebih luas. Penelitan ini merupakan fenomenologi, berupa penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan datanya melalui teknik observasi partisipan, penelusuran dokumen, dan lain-lain.. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa Eksistensi filantropi islam di sekolah berwujud lazismu SMK Muhammadiyah Pakem, perannya bukan hanya menggalang dana bagi kaum dhuafa, tetapi juga membina kehalehan sosial secara progresif. Terdapat 10 program pendidikan filantropi islam dalam pembinaan keshalehan sosial, diantaranya Edukasi ZIS, Penggalangan Dana Korban Bencana, Tim Volunteer ZIS, Infaq Jum’at, One Day One Coin, Celengan Sedekah Subuh, Penyebaran Kotak Infaq, Penyebaran Flyer Dakwah, Integrasi Mata Pelajaran Pendidikan Fiqh kelas X, dan Sedekah Sandang Layak Pakai. Manfaat dari program-program tersebut disalurkan pada kegiatan sosial berdasarkan 8 ashnaf sebagai prinsip zakat, seperti beasiswa fakir miskin, beasiswa sang surya, peduli guru dan siswa, peningkatan dan pelatihan SDM, bencana alam, santunan muallaf, santunan fakir miskin dan dhuafa sekitar sekolah. Kata kunci: Filantropi ; Peduli ; Pengembangan ; Sekolah
Copyrights © 2023