Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Berdasarkan Teori Polya

Ebeneser Wacner Simamora (Universitas Papua)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis materi bangun datar berdasarkan teori Polya pada siswa kelas IV SD N 4 Kabupaten Sorong. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil tes dan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari siswa dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan kategori tinggi mampu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali jawaban sesuai tahapan Polya. (2) Siswa dengan kategori sedang hanya mampu memahami masalah, merencanakan dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah, tetapi tidak mampu melakukan pengecekan ulang terhadap jawaban. (3) Siswa dengan kategori rendah kesulitan memahami soal, tidak menuliskan rencana penyelesaian, dan belum mampu memeriksa kembali jawabannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...