Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapai prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskripsi korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk checklist menggunakan skala likert. Instrumen penelitian menggunakan angket motivasi belajar dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh bahwa Uji korelasi sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.720. Nilai yang diperoleh ini lebih besar dari nilai signifikansi 0.05. kesimpulan tidak ada hubungan yang signikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu.
Copyrights © 2023