Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1b (2023): April

Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu

Endang Kurniawati (Universitas Mataram)
Husniati Husniati (Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pencapai prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar  dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dirancang dengan penelitian deskripsi  korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa  kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang berbentuk checklist menggunakan skala likert. Instrumen penelitian menggunakan angket  motivasi belajar dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  tidak adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yang  diperoleh bahwa Uji korelasi sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.720. Nilai yang diperoleh  ini lebih besar dari nilai signifikansi 0.05. kesimpulan tidak ada hubungan yang signikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Gugus 3 Kecamatan Langgudu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...