Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kepercayaan Diri Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran : Perbedaan Gender

Dwi Tantri Laras Marsiwi (Universitas PGRI Semarang)
Heri Saptadi Ismanto (Universitas PGRI Semarang)
Mustika Aslam Baihaqi (SMK Negeri 7 Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Kepercayaan diri adalah keyakinan dalam kemampuan diri seseorang melakukan tindakan atau mengatasi tantangan yang dihadapi. Kepercayaan diri peserta didik dapat mempengaruhi hasil belajar. Peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah cenderung mengalami kesulitan dalam menghadapi tantangan belajar dan cenderung memiliki performa akademik yang kurang memuaskan.  Maka dari itu, perlu untuk mengkaji tingkat kepercayaan diri serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi berjumlah 72 peserta didik yaitu 48 peserta didik laki-laki dan 24 peserta didik perempuan dari kelas XI Jurusan Teknik Mekatronika di SMK Negeri 7 Semarang dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan formulir daring berupa skala psikologis. Hasil penelitian menggambarkan nilai rata-rata kepercayaan diri sebesar 85,41 dan standar deviasi sebesar 6,72 yang berarti peserta didik memiliki kepercayaan diri pada kategori sedang. Terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri antara laki-laki dan perempuan yang mana peserta didik laki-laki memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Proporsi peserta didik laki-laki dan perempuan yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi relatif rendah, yaitu masing-masing hanya sekitar 16,7% dan 12,5%. Sementara itu, sebagian besar peserta didik laki-laki dan perempuan memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang, yaitu masing-masing sekitar 83,3% dan 87,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...