RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA PENDIDIKAN PEMBENTUKAN (DIKTUK) BINTARA POLRI SPN HINAI POLDA SUMUTTESI

Maya Sari Dwi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Amiruddin Siahaan (UIN Sumatera Utara)
Neliwati Neliwati (UIN Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen pendidikan karakter pada siswa Diktuk Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut. Fokus kajian yang diuraikan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pendidikan karakter pada siswa Diktuk Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian yang menggunakan latar alamiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Kemudian, data dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Perencanaan pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut sudah memiliki perencanaan yang tersusun dan terarah, seperti dengan adanya pembuatan laporan persiapan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan Bintara Polri SPN Hinai Polda Sumut di bentuk dari peraturan dasar kepolisian (Perdaspol) dengan metode latihan, dadri situ lah akan menghasilkan sikap yang baik; dan (3) Penilaian pendidikan karakter pada siswa pendidikan pembentukan (Diktuk) Bintara Polri telah sesuai dengan pedoman peraturan kalemdiklat polri no 02 tahun 2017 tentang sistem penilaian pendidikan polri, di dalam perkap itu harus lulus 3 aspek yang pertama adalah aspek akademik, yang kedua aspek mental kepribadian, yang ketiga aspek kesehatan dan kesamaptaan jasmani.penilaian pendidikan harus dilakukan terus menerus untuk mengetahuhi perkembangan karakter siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...